Sejuta Manfaat Bawang Putih

manfaat bawang putih
Bawang putih merupakan salah satu bumbu dasar yang melengkapi rasa khas kuliner di Asia Tenggara secara umum dan Indonesia secara khusus. Bawang putih, atau garlic dalam bahasa inggris, berkerabat dekat dengan bawang merah, bawang prei, bawang Bombay dan semua suku bawang-bawangan bergenus allium. Selain digunakan sebagai bumbu dasar, bawang putih juga ternyata banyak dijadikan sumber kesembuhan. Manfaat bawang putih dalam dunia pengobatan ini telah dibuktikan secara turun temurun oleh leluhur kita.

Manfaat Bawang Putih Untuk Kesehatan


Bawang putih mengandung senyawa natara lain kalsium, belerang, fosfor, zat besi, vitamin A, B kompleks dan C, protein, lemak, saltivine, diallysulfide, allicin, aliin dan masih banyak lagi lainnya. Senyawa inilah yang kemudian menjadikan bawang putih ampuh dalam lah menyembuhkan berbagai penyakit, antara lain:

  1. Detoxifikasi tubuh. Dengan mengkonsumsi jus bawang putih, racun-racun yang ada di dalam tubuh Anda akan keluar. Tubuh yang bersih dari racun akan jauh lebih sehat.
  2. Konsumsi bawang putih bisa membantu menguatkan jantung. Hal ini terkait dengan kandungan senyawa sulfide yang bisa menurunkan LLD atau kolesterol jahat sehingga tubuh bebas dari ancaman penyakit kardiovaskular.
  3. Bawang putih bisa mengencerkan darah dan menjaga kelenturan pembuluh. Oleh sebab itu jika Anda rutin mengkonsusmi bawang ini, secara tidak langsung Anda menjauhkan diri Anda dari penyakit yang disebabkan oleh penyempitan pembuluh darah.
  4. Manfaat bawang putih selanjutnya adalah untuk membantu para penderita diabetes. Senyawa di dalam bawang putih bisa menambah produksi indulin di dalam darah sehingga metabolisme gula bisa lebih efektif.
  5. Bawang putih bisa meningkatkan daya tahan tubuh kita jika dikonsumsi dalam keadaan mentah dan tentunya rutin. Bawang putih juga bersifat anti-infeksi jadi sangat ampuh membantu penyembuhan infeksi pada organ tubuh.
  6. Bawang putih juga bisa melegakan penderita flu dan mereka yang terserang batuk dahak. Caranya cukup mudah, masaklah bawang putih layaknya adan membuat sup. Konsumsi teratur hingga keluhan Anda hilang.
  7. Manfaat bawang putih lainnya juga bisa diperoleh dengan mengolahnya terlebih dahulu menjadi minyak. Minyak bawang putih ini ampun mengobati radang atau infeksi di dalam telinga. Minyak ini juga cocok digunakan untuk mengurut penderita patah tulang.
Manfaat Bawang Putih Untuk Kecantikan

Selain berkhasiat untuk kesehatan, bawang putih juga menyimpan sejumlah manfaat bagi kecantikan, antara lain:
  1. Untuk mengatasi jerawat yang sedang meradang. Caranya cukup mudah, haluskan bawang putih dan oleskan pada kulit yang berjerawat. Masker bawang putih ini juga bisa membantu menghilangkan bekas jerawat Anda.
  2. Manfaat bawang putih lainnya adalah untuk menghaluskan dan melembutkan kulit wajah. Caranya, campurkan bawang putih yang telah dihaluskan dengan masker wajah yang biasa Anda gunakan. Lakukan secara rutin dan dengan takaran yang benar ya.