Sejuta Manfaat Jahe

Sudah sejak lama jahe menjadi bahan obat-obatan di Indonesia. Tanaman yang digolongkan ke dalam kelompong Zingiber ini memang tersohor akan khasiatnya yang nyata. Jahe tak sekedar untuk menghangatkan tubuh. Lebih dari pada itu, ia bisa menanggulangi penyakit serius yang menghinggapi tubuh Anda. Istimewanya, jahe juga populer dijadikan bumbu penyedap masakan. Jadi, saat Anda mengkonsumsi jahe, sebenarnya Anda juga sedang mengkonsumsi obat. Ingin tahu apa saja manfaat jahe ini? Silahkan simak uraian kami berikut ini.

Masuk Angin Hingga Mengatasi Kolesterol

Ada beragam jenis penyakit yang bisa diatasi dengan menggunakan jahe. Mulai dari penyakit ringan hingga serius. Apa saja?
  • Meringankan masalah pencernaan. Minuman jahe yang hangat diketahui bisa membantu sistem pencernaan kita dalam melaksanakan tugasnya. Selain itu, kandungan di dalam jahe juga bisa membersihkan usus besar, memudahkan pembuangan serta meningkatkan produksi cairan di saluran pencernaan.
  • Mengusir masuk angin dan juga batuk. Jahe mengandung senyawa yang bersifat anti-virus. Dengan demikian, penyakit seperti masuk angin, batuk serta influenza bisa dihilangkan dengan cara mengkonsumsi minuman jahe.
  • Menghangatkan tubuh. Manfaat jahe yang satu ini sudah lama diketahui banyak orang. Memang jahe memiliki rasa hangat yang khas. Hal ini yang menjadikan ia begitu cocok dikonsumsi saat cuaca sedang menggigit.
  • Menyembuhkan migraine. Penelitian mengungkapkan bahwa jahe bisa menghentikan proses prostaglandin yakni akar dari sakit kepala sebelah.
  • Meredakan sakit pada perut. Manfaat jahe yang satu ini sudah lama diketahui. Jahe memang memilikis ifat analgesic yang mampu menenangkan perut.
  • Membantu mencegah beberapa jenis kanker. Penelitian ilmiah menunjukan fakta seputar kemampuan jahe dalam menghambat pertumbuhan beberapa jenis kanker. Umumnya yang digunakan untuk mencegah kanker ini adalah ekstrak jahe.
  • Membantu meredakan bengkak juga rasa perih. Jahe memiliki sifat anti-inflamasi sehingga ia sangat ampuh meredakan bengkak pada sendi, rasa perih dan keseleo.
  • Melancarkan haid. Jika datang bulan Anda tidak teratur, konsumsilah jahe. Di Negara seperti Cina, jahe sudah lama dikenal sebagai sahabat wanita. Mereka biasanya mengolah jahe menjadi teh dan dikonsumsi rutin bersama dengan gula merah. Hasilnya, tubuh lebih bugar dan haid lebih lancar.
  • Mengurangi Morning Sickness pada wanita hamil. Kandungan senyawa yang ada pada jahe memang mampu menyamankan perut. Jadi, jika Anda mual-mual karena ngidam, konsumsilah jahe dan masalah Anda akan tertanggulangi.
  • Mencegah sakit pada gigi. Manfaat jahe yang satu ini bersumber dari sifat anti-bakteri dan anti-jamurnya. Berkumur dengan air jahe membantu merawat kesehatan mulut Anda.
  • Membantu menurunkan kadar kolesterol. Jahe terbukti bisa menormalkan kadar kolesterol dalam darah. Ia memang pembersih yang baik. Dengan rutin mengkonsumsi jahe, Anda akan terhindar dari serangan jantung, pembekuan darah dan penyakit kardiovaskular lainnya.