Cara Membuat Jus Wortel

Cara Membuat Jus Wortel
Wortel merupakan sayuran berbentuk umbi yang mengandung karbohidrat, protein dan beberapa zat gizi penting lainnya seperti karoten, mineral, dan vitamin. Tidak dapat dipungkiri bahwa wortel identik dengan kandungan vitamin A dan karoten yang diperlukan oleh tubuh sebagai antioksidan. Beberapa khasiat dari jus wortel ini telah sangat diketahui sejak lama untuk mengatasi berbagai penyakit, antara lain penyakit mata, jantung, stroke, diabetes, dan kanker. Oleh karena itu, jus wortel sangat baik baik untuk meningkatkan kesehatan tubuh. Dalam mengkonsumsi wortel dapat dilakukan dengan banyak cara, mulai dari dimakan secara langsung, diolah menjadi sup, atau dibuat menjadi jus. Selama ini pengolahan sederhana yang banyak dilakukan terhadap wortel adalah dengan mengolahnya menjadi jus. Dalam proses pembuatan jus wortel sebenarnya tidak terlalu sulit. Namun, cara membuat jus wortel ini tidak boleh sembarangan bila tidak ingin kandungan gizinya berkurang atau hilang.

Jus wortel adalah minuman bergizi yang menjadi kegemaran sebagian besar orang. Cara membuat jus wortel juga dapat dilakukan oleh semua orang dan tidak harus memerlukan keahlian khusus.Untuk membuat jus wortel ini, bahan utamanya adalah wortel dan air. Kita juga dapat mengkombinasikannya dengan campuran bahan-bahan lainnya, contohnya jeruk. Berikut ini adalah cara membuat jus wortel rasa jeruk:
Bahan-bahan yang dibutuhkan:

-    Bahan utama yaitu wortel sekitar 200 gramyang telah dikupas kulitnya dan dipotong-potong.
-    Air kira-kira sebanyak 100 ml
-    2 buah jeruk manis yang telah diperas airnya
-    Gula pasir secukupnya
-    Air panas sebanyak 150 ml
-    Es batu secukupnya

Cara pembuatannya:
  • Cucilah wortel sampai berseih dengan air mengalir, lalu buang bagian pangkal wortel yang masih berwarna hijau karena bagian ini mempunyai rasa yang pahit. Selain itu juga buang bagian wortel yang keras, karena bagian yang keras tersebut akan mengurangi kualitas dari jus yang akan dihasilkan.
  • Wortel yang telah bersih tersebut kemudian diiris-iris dengan ukuran yang tidak terlalu besar dan juga jangan terlalu kecil.
  • Potongan-potongan wortel yang telah diiris kemudian dimasukkan ke dalam blender, lalu tambahkan sedikit air untuk memudahkan dalam menghancurkan potongan wortel. Jangan menambahkan air terlalu banyak karena akan membuat rasa jus wortel menjadi hambar.
  • Tuangkan wortel yang telah diblender ke dalam gelas berukuran sedang, kemudian tambahkan dengan air panas dan diaduk.
  • Dinginkan dulu selama 30 menit jus wortel yang masih dalam keadaan panas ini
  • Setelah dirasa cukup dingin, sebagai penambah cita rasa jus wortel dapat ditambahkan dengan air perasan jeruk segar secukupnya.
  • Kemudian dimasukkan kembali ke dalam blender, sambil ditambahkan dengan es batu secukupnya
  • Tuang campuran ke dalam gelas
  • Jus wortel rasa jeruk siap disajikan.