Manfaat Bengkuang Bagi Kesehatan


manfaat bengkuang
Tanaman bengkuang termasuk ke dalam jenis tanaman merambat dan mempunyai batang berbentuk bulat serta berbulu. Bentuk daun tanaman ini adalah tipe daun majemuk dengan tiga anak daun, tepi rata, bulat telur, pertulangan menyirip, panjang daun 7-10 cm dan lebar daun 5-9 cm. Umbi bengkuang berbentuk menyerupai lobak dengan daging buah berwarna putih dan kulitnya berwarna kecoklatan. Bengkuang merupakan tanaman yangmemiliki beragam potensi yang baik untuk dikembangkan. Contohnya adalah selain dapat dimanfaatkan sebagai bahan makanan, manfaat bengkuang juga baik untuk menjaga kesehatan kulit. Umbi serta kulit tanaman bengkuang memang telah sejak lama dikenal sebagai obat untuk mengatasi berbagai masalah kulit. Umbi bengkuang yang berwarna putih bersifat mendinginkan dan menyejukkan bagi kulitsehingga dapat digunakan untuk melindungi lapisan kulit dari kekeringan akibat terkena sinar matahari. Sifat dingin dan menyejukkan inilah yang membuat bengkuang banyak dicari oleh produsen kosmetika untuk diolah menjadi berbagai produk perawatan kulit.

Menurut para ahli gizi dan kecantikan, manfaat bengkuang tidak hanya terletak pada bagian umbinya saja, melainkan juga pada akar, biji dan tangkainya. Semua bagian tanaman tersebut berkhasiat sebagai obat, juga untuk kecantikan, misalnya dengan diolah menjadi bedak dingin untuk perawatan kulit wajah agar terlihat lebih segar dan putih. Bengkuang kaya akan vitamin E, vitamin C, dan serat. Selain itu, bengkuang juga mengandung kalsium dan fosfor yang dapat memutihkan kulit dan menghilangkan noda hitam pada wajah. Bahkan beberapa penelitian terbaru melaporkan bahwa manfaat bengkuang juga dapat digunakan untuk menyembuhkan penyakit beri-beri, flu, stres, demam,dan membersihkan darah.Secara tradisional manfaat bengkuang dalam bidang kecantikan telah lebih dulu digunakan oleh masyarakat dibanding dengan jenis bahan pangan lainnya. Di antaranya, memarut bengkuang yang kemudian dijadikan bahan untuk luluran, maskar wajah, atau bahan untuk mengencangkan dan memutihkan kulit.

Sekarang ini dipasaran, telah banyak produk yang berasal dari ekstrak bengkuang yang dipergunakan untuk berbagai produk kecantikan. Contoh dari manfaat bengkuang tersebut digunakan sebagai bahan baku untuk produk hand and body lotion, bedak dingin, pelembab, masker dan bath gel bengkuang. Salah satu yang paling dicari oleh wanita untuk perawatan tubuh adalah Bath gel. Bath gel merupakan sediaan kosmetika yang berfungsi untuk membersihkan tubuh, menghaluskan dan melembutkan kulit, memberikan rasa segar, dan harum. Bath gel adalah bentuk turunan dari bubble bath karena bahan dasarnya memakai surfaktan yang dapat menghasilkan busa yang sangat banyak dengan ketahanan busa yang lama (pembusaannya stabil). Sebagai sediaan kosmetika mandi (Bath gel) pilihannya juga sangat beragam, meliputi bubble bath powders, bath oil, bath salts, bath tablets, dan bubble bath.