Cara Membuat Onion Powder

cara membuat onion powder
Dalam beragam masakan, terutama masakan western terkadang kita diharuskan menggunakan bumbu berupa Onion Powder atau yang kita kenal dengan bubuk bawang bombay. Bagi yang tinggal di wilayah perkotaan mungkin tidak terlalu kesulitan untuk mendapatkan bumbu yang satu ini di supermarket besar meskipun harganya cukup mahal. Namun bagi yang tinggal di kota kecil atau wilayah pedesaan, onion powder memang sangat sulit untuk ditemukan.

Nah, daripada kita harus mengganti onion powder dengan bumbu lain yang bisa merubah cita rasanya, kenapa tidak membuat sendiri saja? Kalau Anda tertarik, berikut ini tips singkat tentang cara membuat onion powder sendiri di rumah :


Bahan yang diperlukan :
  • Bawang Bombay secukupnya
Cara membuatnya :
  • Kupas kulit bawang bombay kemudian cincang kasar. Anda bisa menggunakan food processor agar lebih cepat, namun pastikan agar jangan mencincangnya terlalu halus.
  • Letakkan bawang yang telah di cincang di atas sebuah loyang yang lebar kemudian ratakan. Jangan menaruhnya terlalu lebar sebab bawang akan susah untuk kering. Jika Anda ingin membuat dalam jumlah banyak, pastikan agar menyiapkan beberapa loyang.
  • Masukkan loyang ke dalam oven dengan suhu kurang lebih 150 derajat celcius dan biarkan hingga benar-benar kering. Jika oven Anda tidak memiliki termometer, gunakan saja api yang paling kecil. Untuk mengetahui apakah bawang sudah benar-benar kering, cobalah remas dengan tangan Anda. Apabila sudah bisa diremukkan dengan mudah berarti bawang sudah benar-benar kering.
  • Setelah kering masukkan bawang bombay ke dalam food processor atau blender kemudian proses hingga benar-benar halus.
  • Masukkan bubuk bawang di tempat kedap udara seperti botol kaca yang memiliki penutup kemudian simpan di tempat kering dan jauhkan dari sinar matahari langsung
Mudah bukan cara membuat onion powder sendiri? Anda bisa menerapkannya untuk kepentingan memasak di dapur atau bisa juga menjadikannya salah satu peluang bisnis yang cukup menggiurkan. Selamat mencoba!