Khasiat Istimewa Kunyit Putih

khasiat kunyit putih
Kunyit selama ini identik dengan warna kuning menuju oranye yang ia miliki. Tapi tahukah Anda bahwa ada beragam jenis kunyit? Dan salah satu variannya bernama Curcuma alba tidak memiliki warna khas seperti Curcuma longa Linn. syn yang lazim digunakan sebagai bahan jamu kunyit asam serta pewarna alamiah tekstil. Curcuma alba ini sendiri populer disebut dengan nama kunyit putih. Sama seperti namanya, kunyit putih ini tidak memiliki warna pekat khas kunyit. Meski demikian, khasiat kunyit putih ini kurang lebih sama dengan genus curcuma lainnya.

Dalam jurnal Encyclopedia of Medical Plants, dijelaskan bahwa semua tanaman yang masuk ke dalam kerabat curcuma memiliki kandungan senyawa kurkumin yang berperan sebagai anti-oksidan dan juga anti-inflamasi. Lebih lengkap mengenai khasiat kunyit putih ini kami rangkum sebagai berikut:

  1. Berdasarkan hasil penelitian yang dimuat di dalam American Institute Cancer Report, dinyatkan bahwa kunyit putih mengandung RIP atau Ribosome Inacting Protein yang memiliki peran penting dalam menon-aktifkan sel kanker dan juga tumor. Dengan demikian, seseorang yang mengkonsumsi kunyit putih bisa melindungi sel sehatnya dari serangan kanker dan tumor.
  2. Masih berdasarkan penelitian yang terdapat di dalam American Institute Cancer Report, kunyit putih diketahui mengandung sejumlah zat anti-oksidan yang mampu mencegah kerusakan gen, serta mengandung zat anti-curcumin yang bersifat anti-inflamasi dan ampuh meredakan radang.
  3. Khasiat kunyit putih lainnya adalah membantu proses penyembuhan seseorang yang sedang masuk angin.
  4. Kunyit putih juga ampuh meredakan perut yang sedang sakit. Caranya cukup mudah, kupas kunyit putih dan potonglah dalam ukuran yang kecil. Selanjutnya, kunyah kunyit putih langsung hingga keluhan Anda berkurang.
  5. Konsumsi kunyit putih kabarnya bisa membantu Anda untuk menurunkan berat badan. Dengan demikian, kunyit putih merupakan sahabat diet yang baik utnuk Anda.
  6. Khasiat kunyit putih lainnya adalah untuk mengehntikan pendarahan, merangsang sel darah merah, meenyegarkan kulit serta menambah stamina.
  7. Kunyit putih ini juga bersifat diuretic sehingga mampu melancarkan air seni. Hal ini akan berpengaruh baik bagi kesehatan organ ginjal Anda.