1001 Manfaat Kencur

Indonesia sudah lama dikenal dengan obat-obat tradisionalnya yang berkhasiat. Salah satu yang terbaik adalah kencur atau yang dikenal dengan nama Kaempferia Galanga L. Tanaman ini masuk ke dalam kelompok temu-temuan bersama dengan temulawak juga kunir. Jika Anda pencinta kuliner, pasti sudah tahu kalau kencur ini merupakan rahasia kelezatan masakan Indonesia. Tapi tak hanya sampai di situ, ternyata manfaat kencur ini juga cukup beragam utamanya dalam hal kesehatan. Apa saja?

Warisan Leluhur

Kencur sudah sejak dahulu kala digunakan nenek moyang kita sebagai bagian dari ritual pengobatan. Ada beragam penyakit yang bisa diobati dengan kencur antara lain influenza pada anak-anak, masuk angin, sakit kepala, batuk-batuk, diare, mata pegal, lelah, keseleo, radang lambung dan masih banyak lagi lainnya. Untuk mendapatkan manfaat kencur ini, kita harus mengolahnya sedemikian rupa. Berikut kami sajikan caranya.

Untuk Mengobati Radang Lambung

Caranya, ambillah 2 rimpang kencur dengan ukuran sebesar ibu jari. Kemudian kupas kencir dan cuci bersih. Selanjutnya, kunyahlah kencur tersebut. Telan airnya dan buanglah ampasnya. Kemudian tutuplah dengan meminum segelas air putih. Lakukan langkah ini hingga Anda sembuh.

Untuk Mengobati Influenza Pada Bayi

Caranya dengan mengambil 1 rimpang kencur sebesar ibu jari. Tambahkan pula daun kemukus sebanyak 2 lembar. Adapun kedua bahan yang telah tersedia tersebut dihaluskan dan kemudian dicampur dengan 2 sendok air hangat. Kemudian, oleskan pada sekitar hidung sang bayi. Lakukan cara ini sampai ia kembali sehat.

Untuk Mengobati Masuk Angin

Jika Anda masuk angin, jangan buru-buru mengkonsumsi obatan kimia sebab kencur pun bisa mengatasi hal tersebut. Caranya cukup mudah yakni dengan mengambil rimpang kencur sebanyak 1 buah yang sebesar ibu jari. Kemudian tambahkan garam secukupnya. Setelah kencur bersih, kunyahlah bersama garam. Telan airnya dan ampasnya dibuang. Tutup dengan meminum segelas air putih. Lakukan langkah ini hingga penyakit Anda hilang.

Untuk Mengobati Penyakit Diare

Jika Anda terkena diare, ambillah 2 rimpang kencur yang berukuran kecil. Parut dan kemudian diperas. Air kencur tersebut dicampur dengan air putih hangat dan juga garam secukupnya hingga membentuk pasta. Kemudian oleskan ramuan ini di perut Anda layaknya menggunakan lulur. Lakukan hingga penyakit Anda sirna.

Mengapa Kencur Berkhasiat?

Manfaat kencur untuk meredakan berbagai penyakit bersumber dari kandungan senyawa yang ada di dalamnya. Berdasarkan uji laboratorium, kencur terbukti mengandung zat pati sebanyak 4,14%, mineral sebanyak 13,73%, minyak atsiri sebanyak 0,02% yang terdiri atas sineol, asam metil kanil, asam anisic, ethyl aster, asam sinamic, borneol, asam cinnamic, penta dekaan, kamphene, alkaloid dan masih banyak lagi lainnya. Kesemua senyawa ini diketahui memiliki efek penyembuh bagi tubuh.