Ragam Khasiat Jahe Merah

Sehat tanpa bahan kimia bukanlah hal yang mustahil. Ada beragam tanaman obat yang bisa kita manfaatkan. Salah satu di antara ribuan tanaman bermanfaat tersebut adalah jahe. Tanaman yang satu ini sudah lama dikenal di Indonesia, meski pada faktanya ia pertama kali ditemukan di wilayah India. Apa yang khas dari jahe? Jika ada yang bertanya demikian, maka Anda seyogyanya menjawab “rasa pedasnya”. Iya, memang sensasi inilah yang membedakan jahe dari tanaman berimpang lainnya. Berbicara soal pedas, terdapat varietas jahe dengan sensasi pedas yang jauh lebih tinggi jika dibandingkan dengan varietas jahe lainnya. Dalam keseharian kita menyebutnya jahe merah. Jahe jenis ini dikenal juga dengan nama Zingiber Officinale. Hanya saja spesiesnya adalah Rubrum. Konon kabarnya, manfaat jahe merah ini juga jauh melampaui jenis jahe lainnya. Apa saja?

Membedah Manfaat Jahe Merah

Secara umum, jahe merah ini memiliki khasiat yang kurang lebih sama dengan jenis jahe lainnya. Hanya saja, oleh karena kandungan senyawa tannin dan juga zat keton (Zingeron)-nya lebih melimpah, jahe merah kemudian dianggap lebih efektif dalam menanggulangi beberapa penyakit antara lain:
  1. Sebagai anti-radang. Dengan demikian, jahe merah ini sangat baik dalam meringankan penyakit seperti rematik, keseleo dan lain-lain.
  2. Membantu melancarkan peredaran darah di dalam tubuh.
  3. Memaksimalkan daya tahan tubuh sehingga lebih tahan dari serangan penyakit. Mengapa? Karena jahe merah mengandung alpha-linolenic acid yang juga bermanfaat sebagai anti-pendarahan.
  4. Menghangatkan tubuh jauh lebih kuat ketimbang jahe biasa.
  5. Membantu penderita batuk dan juga asma.
  6. Menguatkan produksi getah bening di dalam tubuh.
  7. Menguatkan organ hati.Manfaat jahe merah yang satu ini bersumber dari kandungan Cineole yang melimpah.
  8. Mencegah infertilitas. Hal ini terkait dengan kandungan arginin yang ada di dalam jahe merah.
  9. Sebagai stimulant dengan daya kerja yang lebih kuat dari jahe biasa. Ia bisa merangsang kerja syaraf di dalam tubuh manusia. Khasiat yang satu ini terkait dengan kandungan aspartic acid dari jahe.
  10. Manfaat jahe merah lainnya adalah merangsang keluarnya air susu ibu, melumpuhkan kerja enzim siklooksigenase serta menekan prostaglandin yang menjadi penyebab sakit kepala.
  11. Membantu memberantas jamur candidi albicans yang mengganggu. Hal ini terkait dengan kandungan caprylic-acid pada jahe.
  12. Konsumsi jahe merah juga bisa merangsang ereksi serta menguatkan akfititas kelenjar endokrin. Hal ini dikarenakan dalam jahe terdapat senyawa bernama capsaicin. Senyawa ini juga berperan dalam mencegah keluarnya enzim 5-lipoksigenese dan juga siklo-oksigenase.
  13. Sebagai anti-penuaan dan merangsang regenerasi sel kulit. Hal ini terkait dengan kandungan chlorogenic acid.
  14. Sebagai pewangi makanan juga parfum. Jahe merah populer diolah menjadi sup kesehatan dengan aroma yang khas dan menggoda. Manfaat jahe merah yang satu ini bersumber dari senyawa farnesol yang memang membuat tanaman memiliki bau yang khas.