Mengenal Sejumlah Manfaat Terbaik Gingseng

Selama ini kita mengenal Korea dengan julukan Negeri Gingseng. Padahal sejatinya, gingseng atau yang bernama latin Panax ini juga dijumpai di Negara lain seperti Siberia, Manchuria, bahkan Amerika Serikat. Manfaat gingseng ini cukup beragam, maka itu tak heran jika penduduk dunia mengenalnya sebagai salah satu terna obat. Di Indonesia sendiri dikenal istilah “Gingseng Jawa” yang mengacu pada tanaman Talinum Paniculatim Gaern. Meskipun menyandang nama “Gingseng” namun tanaman tersebut bukanlah Panax. Hanya saja manfaat gingseng memang setara dengan tanaman tersebut, oleh sebab itu orang juga menyebutnya gingseng. Sudah tahu apa saja manfaat si gingseng ini?
  1. Imune booster. Manfaat gingseng yang satu ini sudah lama diketahui banyak orang. Hal ini pulalah yang menempatkan gingseng sebagai minuman kesehatan nomor 1. Tahukah Anda bahwa tanaman ini mengandung sejumlah senyawa yang mampu memicu regulasi kelenjar endokrin. Hal ini kemudian yang memicu kinerja anti-bodi melawan “ancaman” yang masuk ke dalam tubuh.
  2. Membantu mengatasi gelaja fisiologis serta ketegangan biologis pun psikologis.
  3. Meningkatkan libido hingga 180%. Hal inilah yang membuat gingseng dipercaya sebagai penyubur baik untuk pria maupun wanita. Pada pria, senyawa di dalam gingseng bisa membantu produksi sperma sampai 200%. Sementara itu pada wanita, gingseng membatu menormalkan hormon sehingga sistem reproduksi wanita jauh lebih stabil.
  4. Mencegah osteoporosis. Manfaat gingseng yang satu ini terkait dengan kandungan kalsiumnya yang tinggi.
  5. Membantu fungsi adrenal. Hal ini disebabkan peranan gingseng yang bertindak sebagai stimulator energi dan juga stamina.
  6. Memperkecil resiko anemia. Gingseng banyak mengandung zat besi sehingga baik mencegah gelaja anemia akibat defisiensi zat besi.
  7. Sebagai anti-mutagenik dan anti-karsiogenik. Gingseng mengandung senyawa bernama Glucosinolates yang mampu membentengi tubuh anda dari serangan kanker.
  8. Meringankan gejala sembelit dan membantu melancarkan sistem pengeluaran tubuh.
  9. Membantu masa menopause. Manfaat gingseng ini terkait dengan kemampuannya meningkatkan kadar hormon estrogen di dalam tubuh wanita. Dengan rutin mengkonsumsi gingseng, maka wanita cenderung tidak terkena sindrom menopause yang menjengkelkan.
  10. Meningkatkan aliran serta produksi sel darah merah. Manfaat gingseng yang satu ini terkait kandungan zat besi-nya yang tinggi.

Gingseng Korea

Masyarakat Korea menyebut gingseng dengan berbagai nama. Gingseng yang dibudidayakan bernama Insam dan gingseng yang tumbuh di liar hutan dan pegunungan disebut Sansam. Tahukah Anda bahwa di antara pemasok gingseng lainnya, Korealah yang dianggap memiliki gingseng dengan kualitas terbaik. Hal ini pulalah yang membuat Korea dinobatkan sebagai Negeri Gingseng. Konon kabarnya manfaat gingseng dari Korea ini melampauai gingseng dari tempat lain. Hal ini dikarenakan iklim di Korea mendukung pertumbuhan dan perkembangan tanaman gingseng. Sayangnya, di pasaran, harga gingseng asli Korea masih terbilang mahal. Namun, akan selalu ada harga untuk sebuah kualitas bukan?